Kritik Teater (Soal)

1.     Orang yang melakukan kritik, ulasan dalam bentuk tulisan dengan objektif, tidak memihak, bijaksana, dan bertanggung jawab . . .
a.     Kritikus
b.     Objektif
c.      Teater
d.      menjadiKritiker
e.     Kritik
2.     Salah satu tokoh yang menjadi kritikus di Indonesia adalah . . .
a.     B. J. Habibie
b.     Dude Herlino
c.      Noor
d.     Julia Perez
e.     Anang Hermansyah
3.     Kritik yang dilakukan oleh kritikus teater berisi ulasan dan tanggapan tajam tentang karya teater yang cenderung bersifat pesimis dan negative adalah kritik . . .
a.     Konstruksi
b.     Akademis
c.      Jurnalistik
d.     Kondusif
e.     Destruktif
4.     Menurut Saini KM kretik dibagi menjadi dua, yaitu . . .
a.     Kritikkonstruktif dan kritik destruktif
b.     Kritik akademis dan kritik jurnalistik
c.      Kritik kreativ dan kritik inovatif
d.     Kritik tesis dan kritik disertasi
e.     Kritik penelitian dan kritik ilmiah
5.     Sebagai nilai keindahan bersifat bebas nilai subjektif tergantung darimana penikmat, penonton seni dalam menikmati tontonannya. Merupakan nilai bentuk yang dihadirkan karya seni . . .
a.     Rupa
b.     Teater
c.      Musik
d.     Tari
e.     Sastra
6.     Dalam seni teater non tradisional dengan unsure penting meliputi, kecuali . . .
a.     Naskah
b.     Pemeran
c.      Tata pentas
d.     Produser
e.     Tempat
7.     Kritik yang ada dan dilakukan kritikus memberikan dampak pencitraan terhadap kritikus sendiri, terbina, terpeliharanya budaya menulis dan sekaligus mendorong munculnya kritikus teater. Ini merupakan penjelasan dari fungsi . . .
a.     Sosial
b.     Apresiasif
c.      Edukasi
d.     Prestasi
e.     Efektif
8.     Kreativitas dalam menulis kritik dapat dilakukan melalui langkah-langkah pembelajaran sebagai berikut, kecuali . . .
a.     Memilih dan menentukan karya teater yang akan dijadikan bahan ulasan, tulisan kritik
b.     Membaca sumber, referensi terkait
c.      Sebelum pagelaran lakukan pengumpulan bahan dan wawancara
d.     Mengapresiasi dan mencatat unsure penting
e.     Tidak menganalisis bahan ulasan tulisan kritik
9.     Manuksa adalah . . .
a.     Pertunjukan tanpa suara
b.     Kisah kasih manusia dalam luka-liku kehidupan
c.      Nyata dan kesalahan
d.     Azab yang tertunda
e.     Inti prolog yang disampaikan tokoh pandita
10.                         Menonton, menyaksikan pergelaran teater di gedung pertunjukan artinya . . .
a.     Kritik
b.     Saran
c.      Apresiasi
d.     Apresiasi langsung
e.     Apresiasi tidak langsung
11.                         Bagian dari proses kreatif dalam membuat tulisan, ulasan terkait objek yang dikritisi adalah . . .
a.     Menyampaikan kritik
b.     Membaca kritik
c.      Menulis kritik
d.     Nilai estestik
e.     Simbol kritik teater
12.                         Tugas seorang kritikus dalam melakukan kritiknya adalah . . .
a.     Menyampaikan kritiknya
b.     Menyampaikan kepekatannya untuk mengetahui, menentukan, memaparkan, menjelaskan dan memahami karya teater dalam bentuk simbol dan makna, nilai yang ditawarkan sang creator terhadap penonton
c.      Mendekorasi panggung teater
d.     Menciptakan suatu iklim perubahan
e.     Menarik teknologi barat yang canggih
13.                         Berikut ini adalah sifat yang dimiliki kritikus, kecuali . . .
a.     Objektif
b.     Tidak memihak
c.      Bijaksana
d.     Rasis
e.     Bertanggung jawab
14.                        Unsur penting sebagai cirri atau tanda dari kekhasan teater anatara lain, kecuali . . .
a.     Unsur waktu
b.     Unsur cerita
c.      Unsur pelaku
d.     Unsur tempat
e.     Unsur penonton
15.                         Berikut ini adalah ciri-ciri teater non tradisional, kecuali . . .
a.     Ada naskah baku atau naskah tertulis
b.     Fungsi pertunjukannya mengarah pada seni hiburan
c.      Penonton bersifat khusus dan membayar
d.     Pertunjukan bersifat spontan ( langsung ) tanpa latihan
e.     Peralatan lebih modern dan lengkap
16.                         Apakah  pengertian dari kepekaan intelektual ?
a.     Mempunyai sikap peka terhadap keadaan
b.     Ketajaman dalam memenuhi dan menemukan makna
c.      Ketajaman dalam berfikir
d.     Kepekaan terhadap perasaan
e.     Sikap ketajaman seseorang
17.                         Pembelajaran tentang kepekaan didalam menanggapi karya teater adalah . . .
a.     Belajar tentang seni
b.     Belajar tentang kepekaan
c.      Belajar tentang mengkritik
d.     Belajar tentang kritik teater
e.     Belajar tentang lingkungan
18.                         Karya teater bersifat bebas nilai dan nilai secara ini bersifat universal yakni . . .
a.     Mengangkat kisahnya
b.     Mengangkat sisi-sisi nilai tentang kemanusiaan pada umumnya
c.      Mengangkat cerita yang sudah dipentaskan
d.     Mengangkat cerita sendiri
e.     Tidak bernilai
19.                         Teater dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu . . .
a.     Teater tradisional dan non tradisional
b.     Teater keindahan dan non keindahan
c.      Teater tradisonal dan modern
d.     Teater kegemulaian dan kekasaran
e.     Teater modern dan keindahan
20.                         Unsur yang lebih dipentingkan dalam teater tradisional adalah . . .
a.     Nilai bentuk keindahan
b.     Nilai kepekaan keindahan
c.      Nilai bentuk warna
d.     Nilai kekreatifitas warna
e.     Nilai keindahan ekspresi
21.                         Proses menikmati, menghargai, menilai suatu tontonan karya seni merupakan bagian dari . . .
a.     Apresiasi
b.     Menilai
c.      Kritik
d.     Amanat
e.     Menganalisis
22.                         Teater yang kehadirannya dapat dimaknai sebagai simbol adat atau budaya masyarakat sang pencipta, selaku pemilik dan pemberi kehidupan adalah . . .
a.     Teater tradisional
b.     Teater modern
c.      Teater agama
d.     Teater kepahlawanan
e.     Teater campur
23.                         Nilai bentuk di dalam karya seni teater bersifat terindra artinya . . .
a.     Hanya dapat dirasakan dan dinikmati
b.     Dapat dirasakan, dinikmati, diapresiasi melalui indra pendengaran dan penglihatan dan gerak laku para pemain diatas pentas
c.      Hanya didengarkan tanpa bias dilihat penampilan
d.     Sementara dan hanya dapat dinikmati sekali
e.     Tertutup dan hanya kalangan tertentu yang dapat melihat dan mengapresiasikannya
24.                         Untuk menyampaikan gagasan kreator seni dan kemudian diwajibkan dalam bentuk seni melalui beberapa unsur yang terkadang di dalamnya adalah fungsi dari . . .
a.     Peran yang diperankan
b.     Watak para pemain
c.      Simbol kritik teater
d.     Tata panggung
e.     Alur
25.                         Pengertian kritik teater, adalah . . .
a.     Ulasan yang objeknya karya teater
b.     Tanggapan yang objeknya karya teater
c.      Penilaian terhadap karya teater
d.     Penghargaan terhadap karya teater
e.     Penghinaan terhadap karya teater
26.                         Kreator teater disebut juga . . .
a.     Sutradara
b.     Pemain
c.      Kritikus
d.     Prosedur
e.     Animator
27.                         Yang termasuk fungsi kritik adalah, kecuali . . .
a.     Fungsi edukasi
b.     Fungsi apresiatif
c.      Fungsi social
d.     Fungsi mencela / menjatuhkan
e.     Fungsi prestasi
28.                         Unsur penting dalam membangun komunikasi kritik adalah . . .
a.     Peniru teater
b.     Penonton
c.      Pembaca / apresiator
d.     Pengulas
e.     Komentator
29.                         Salah satu fungsi kritik adalah . . .
a.     Fungsi emosional
b.     Fungsi pribadi
c.      Fungsi sosial
d.     Fungsi kebersamaan
e.     Fungsi penelitian
30.                         Kehadiran seninya dapat dimaknai sebagai simbol adat atau budaya masyarakat adalah teater . . .
a.     Teater rakyat
b.     Teater keraton
c.      Teater barat
d.     Teater klasik

e.     Teater modern

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANDA-TANDA KIAMAT BESAR (KUBRA) DAN KECIL (SUGHRA)

Sistem Koordinasi Pada Manusia

Sejarah Bendungan Waringin Sapta