Kritik Teater (Soal)
1. Orang yang melakukan kritik, ulasan
dalam bentuk tulisan dengan objektif, tidak memihak, bijaksana, dan bertanggung
jawab . . .
a. Kritikus
b. Objektif
c. Teater
d. menjadiKritiker
e. Kritik
2. Salah satu tokoh yang menjadi
kritikus di Indonesia adalah . . .
a. B. J. Habibie
b. Dude Herlino
c. Noor
d. Julia Perez
e. Anang Hermansyah
3. Kritik yang dilakukan oleh kritikus
teater berisi ulasan dan tanggapan tajam tentang karya teater yang cenderung
bersifat pesimis dan negative adalah kritik . . .
a. Konstruksi
b. Akademis
c. Jurnalistik
d. Kondusif
e. Destruktif
4. Menurut Saini KM kretik dibagi
menjadi dua, yaitu . . .
a. Kritikkonstruktif dan kritik
destruktif
b. Kritik akademis dan
kritik jurnalistik
c. Kritik kreativ dan kritik inovatif
d. Kritik tesis dan kritik disertasi
e. Kritik penelitian dan kritik ilmiah
5. Sebagai nilai keindahan bersifat
bebas nilai subjektif tergantung darimana penikmat, penonton seni dalam
menikmati tontonannya. Merupakan nilai bentuk yang dihadirkan karya seni . . .
a. Rupa
b. Teater
c. Musik
d. Tari
e. Sastra
6. Dalam seni teater non tradisional
dengan unsure penting meliputi, kecuali
. . .
a. Naskah
b. Pemeran
c. Tata pentas
d. Produser
e. Tempat
7. Kritik yang ada dan dilakukan
kritikus memberikan dampak pencitraan terhadap kritikus sendiri, terbina,
terpeliharanya budaya menulis dan sekaligus mendorong munculnya kritikus
teater. Ini merupakan penjelasan dari fungsi . . .
a. Sosial
b. Apresiasif
c. Edukasi
d. Prestasi
e. Efektif
8. Kreativitas dalam menulis kritik
dapat dilakukan melalui langkah-langkah pembelajaran sebagai berikut, kecuali . . .
a. Memilih dan menentukan karya teater
yang akan dijadikan bahan ulasan, tulisan kritik
b. Membaca sumber, referensi terkait
c. Sebelum pagelaran lakukan pengumpulan
bahan dan wawancara
d. Mengapresiasi dan mencatat unsure
penting
e. Tidak menganalisis
bahan ulasan tulisan kritik
9. Manuksa adalah . . .
a. Pertunjukan tanpa suara
b. Kisah kasih manusia
dalam luka-liku kehidupan
c. Nyata dan kesalahan
d. Azab yang tertunda
e. Inti prolog yang disampaikan tokoh
pandita
10.
Menonton, menyaksikan pergelaran teater di
gedung pertunjukan artinya . . .
a. Kritik
b. Saran
c. Apresiasi
d. Apresiasi langsung
e. Apresiasi tidak langsung
11.
Bagian dari proses kreatif dalam membuat tulisan,
ulasan terkait objek yang dikritisi adalah . . .
a. Menyampaikan kritik
b. Membaca kritik
c. Menulis kritik
d. Nilai estestik
e. Simbol kritik teater
12.
Tugas seorang kritikus dalam melakukan
kritiknya adalah . . .
a. Menyampaikan kritiknya
b. Menyampaikan
kepekatannya untuk mengetahui, menentukan, memaparkan, menjelaskan dan memahami
karya teater dalam bentuk simbol dan makna, nilai yang ditawarkan sang creator
terhadap penonton
c. Mendekorasi panggung teater
d. Menciptakan suatu iklim perubahan
e. Menarik teknologi barat yang canggih
13.
Berikut ini adalah sifat yang dimiliki
kritikus, kecuali . . .
a. Objektif
b. Tidak memihak
c. Bijaksana
d. Rasis
e. Bertanggung jawab
14.
Unsur
penting sebagai cirri atau tanda dari kekhasan teater anatara lain, kecuali . .
.
a. Unsur waktu
b. Unsur cerita
c. Unsur pelaku
d. Unsur tempat
e. Unsur penonton
15.
Berikut ini adalah ciri-ciri teater non
tradisional, kecuali . . .
a. Ada naskah baku atau naskah tertulis
b. Fungsi pertunjukannya mengarah pada
seni hiburan
c. Penonton bersifat khusus dan membayar
d. Pertunjukan bersifat
spontan ( langsung ) tanpa latihan
e. Peralatan lebih modern dan lengkap
16.
Apakah
pengertian dari kepekaan intelektual ?
a. Mempunyai sikap peka terhadap keadaan
b. Ketajaman dalam
memenuhi dan menemukan makna
c. Ketajaman dalam berfikir
d. Kepekaan terhadap perasaan
e. Sikap ketajaman seseorang
17.
Pembelajaran tentang kepekaan didalam
menanggapi karya teater adalah . . .
a. Belajar tentang seni
b. Belajar tentang kepekaan
c. Belajar tentang mengkritik
d. Belajar tentang kritik
teater
e. Belajar tentang lingkungan
18.
Karya teater bersifat bebas nilai dan nilai
secara ini bersifat universal yakni . . .
a. Mengangkat kisahnya
b. Mengangkat sisi-sisi
nilai tentang kemanusiaan pada umumnya
c. Mengangkat cerita yang sudah
dipentaskan
d. Mengangkat cerita sendiri
e. Tidak bernilai
19.
Teater dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu
. . .
a. Teater tradisional dan
non tradisional
b. Teater keindahan dan non keindahan
c. Teater tradisonal dan modern
d. Teater kegemulaian dan kekasaran
e. Teater modern dan keindahan
20.
Unsur yang lebih dipentingkan dalam teater
tradisional adalah . . .
a. Nilai bentuk keindahan
b. Nilai kepekaan keindahan
c. Nilai bentuk warna
d. Nilai kekreatifitas warna
e. Nilai keindahan ekspresi
21.
Proses menikmati, menghargai, menilai suatu
tontonan karya seni merupakan bagian dari . . .
a. Apresiasi
b. Menilai
c. Kritik
d. Amanat
e. Menganalisis
22.
Teater yang kehadirannya dapat dimaknai
sebagai simbol adat atau budaya masyarakat sang pencipta, selaku pemilik dan
pemberi kehidupan adalah . . .
a. Teater tradisional
b. Teater modern
c. Teater agama
d. Teater kepahlawanan
e. Teater campur
23.
Nilai bentuk di dalam karya seni teater
bersifat terindra artinya . . .
a. Hanya dapat dirasakan dan dinikmati
b. Dapat dirasakan,
dinikmati, diapresiasi melalui indra pendengaran dan penglihatan dan gerak laku
para pemain diatas pentas
c. Hanya didengarkan tanpa bias dilihat
penampilan
d. Sementara dan hanya dapat dinikmati
sekali
e. Tertutup dan hanya kalangan tertentu
yang dapat melihat dan mengapresiasikannya
24.
Untuk menyampaikan gagasan kreator seni dan
kemudian diwajibkan dalam bentuk seni melalui beberapa unsur yang terkadang di
dalamnya adalah fungsi dari . . .
a. Peran yang diperankan
b. Watak para pemain
c. Simbol kritik teater
d. Tata panggung
e. Alur
25.
Pengertian kritik teater, adalah . . .
a. Ulasan yang objeknya karya teater
b. Tanggapan yang objeknya karya teater
c. Penilaian terhadap karya teater
d. Penghargaan terhadap karya teater
e. Penghinaan terhadap
karya teater
26.
Kreator teater disebut juga . . .
a. Sutradara
b. Pemain
c. Kritikus
d. Prosedur
e. Animator
27.
Yang termasuk fungsi kritik adalah, kecuali .
. .
a. Fungsi edukasi
b. Fungsi apresiatif
c. Fungsi social
d. Fungsi mencela /
menjatuhkan
e. Fungsi prestasi
28.
Unsur penting dalam membangun komunikasi
kritik adalah . . .
a. Peniru teater
b. Penonton
c. Pembaca / apresiator
d. Pengulas
e. Komentator
29.
Salah satu fungsi kritik adalah . . .
a. Fungsi emosional
b. Fungsi pribadi
c. Fungsi sosial
d. Fungsi kebersamaan
e. Fungsi penelitian
30.
Kehadiran seninya dapat dimaknai sebagai
simbol adat atau budaya masyarakat adalah teater . . .
a. Teater rakyat
b. Teater keraton
c. Teater barat
d. Teater klasik
e. Teater modern
Salahh gak inii? ? ??
BalasHapusTerimakasih gila ngerjain 1 lks langsung gercep pokoknya
BalasHapus